Skip to main content

Sistem Pencernaan Manusia



Sistem Pencernaan Manusia

SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

Proses pencernaan makanan pada Manusia melibatkan Alat-Alat pencernaan. Alat-Alat pencernaan manusia terdiri atas saluran saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan anus. Kelenjar pencernaan menghasilkan enzim-enzim yang dibutuhkan dalam proses pencernaan. Kelenjar pencernaan terdapat dimulut, lambung, usus halus, pankreas dan hati.

A. Organ pencernaan Manusia

1. Mulut

Makanan masuk pertama kali melalui mulut. Di mulut terjadi pencernaan makanan secara mekanis dan kimiawi .mekanis dilakukan oleh gigi dan lidah sedangkan kimiawi dilakukan oleh enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah yaitu enzim ptialin yg mengubah amilum menjadi maltosa.

2. Kerongkongan

Kerongkongan merupakan saluran tipis dan panjang 25 cm yang berfungsi sebagai jalan bolus. Bolus adalah gumpalan-gumpalan kecil hasil dari proses pencernaan secara mekanik yg dilakukan oleh gigi dan lidah. Di kerongkongan terjadi gerak Peristaltik. Gerak peristaltik adalah gerak meremas-remas atau bergeraknya bolus dari mulut ke lambung.

3. Lambung

Di Lambung terjadi pencernaan secara mekanis dan kimiawi. Pencernaan secara mekanis terjadi karena adanya kontraksi otot lambung. Kontraksi otot lambung mengakibatkan bolus tercampur dan teraduk menjadi bubur ( chyme ). Sementara Itu, pencernaan kimiawi berlansung dengan bantuan getah lambung. Getah ini dihasilkan oleh kelenjar yang terletak pada dinding lambung.
Getah lambung mengandung berbagai jenis zat seperti berikut :
a) Asam lambung HCl berfungsi mematiakn bakteri yang terdapat dalam makanan.
b) Enzim pepsin, berfungsi merombak protein menjadi pepton
c) Enzim Renin, berfungsi mengaktifkan kaseinogen menjadi kasein
d) Hormon gastrin, berfungsi meransang sekresi getah lambung.

4. Usus Halus

Usus halus merupakan saluran berkelok-kelok yang panjangnya sekitar 6-8 meter dan lebar 25 mm. Usus halus terdiri atas tiga bagian yaitu usus duabelas jari ( dudenum ), Usus kosong ( jejunum ), dan Usus penyerapan ( ileum ).

a) Usus Dua belas jari ( duodenum )

Didalam Usus Dua belas jari bermuara 2 saluran besar yaitu pankreas dan kantong empedu. kantong empedu berisi cairan empedu yang digunakan mengemulsikan lemak agar lemak bisa dicerna oleh tubuh. pankreas menghasilkan getah pankreas yang mengandung beberapa jenis enzim seperti Amilase, tripsinogen, dan lipase. Enzim Amilase berfungsi untuk mengubah zat tepung menjadi gula. tripsinogen diaktifkan oleh enzim enrokinase menjadi tripsin. tripsin berfungsi mengubah peptida menjadi polipeptida. Lipase berfungsi mengubah trigliserida ( lemak ) menjadi Asam lemak dan gliserol. jadi di usus 12 jari berlansung proses pencenaan secara kimiawi.

b) Usus kosong ( jejunum )

Diusus kosong makanan mengalami pencernaan kimiawi olen enzim yang dihasilkan oleh kelenjar yang terdapat didinding usus. yaitu enzim :
  •  Entrokinase berfungsi mengaktifkan tripsinogen yang dihasilkan pankreas
  • Laktase berfungsi mengubah laktosa menjadi fruktosa dan galaktosa
  • Eripsin berfungsi mengubah polipeptida menjadi asam amino
  • Maltase berfungsi mengubah maltosa menjadi 2 molekul glukosa
  •  Sukrase berfungsi mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa
  • Lipase berfungsi mengubah trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak.
c) Usus penyerapan

Didalam usus penyerapan terdapat banyak lipatan atau lekukan yang disebut vili atau jonjot usus halus. Vili berfungsi memperluas permukaan usus sehingga penyerapan zat makanan akan lebih sempurna. zat makanan berupa glukosa, asam amino, vitamin yang larut dalam air ( B dan C ), mineral, dan air akan diserap oleh kapiler darah dalam vili, kemudian diangkut menuju hati melalui pembuluh darah. Sementara itu, zat makanan berupa asam lemak, gliserol, dan vitamin yang larut dalam lemak ( A, D, E, K ) akan diangkut melalui pembuluh kill, yaitu pembuluh getah bening ( limfe ).

5. Usus Besar

Usus besar atau kolon memiliki panjang 1 meter dan terdiri dari kolon ascendens, kolon transversum,  dan kolon descendens.
sisa makanan hasil pencernaan di usus halus masuk ke usus besar. Di Usus besar terjadi proses pembusukan sisa makanan menjadi feses oleh bakteri Escherichia coli. selain membusukan sisa mkanan, bakteri E.coli juga menghasilkan vitamin K dan vitamin B12.
bagian akhir usus besar disebut rektum. Di rektum tidak lagi terjadi penyerapan air. REktum dapat berkontraksi sehingga menimbulkan terjadi defekasi. Defekasi adalah pengeluaran zat-zat sisa makanan melalui anus..


itu saja dari Admin , semoga bermanfaat.
wassalamm....



Comments

Popular posts from this blog

Asam - Basa ( Kuat & Lemah )

I. Pengertian Asam - Basa. Menurut teori Arrhenius Asam : Zat yang dilarutkan dalam air akan melepaskan ion Hidrogen Basa : Zat yang dilarutkan dalam air akan melepaskan Ion Hidroksi Menurut Bronsted-Lowry Asama : Spesi yang memberikan proton Basa : Spesi yang menerima proton Menurut Lewis Asam : Senyawa yang mampu menerima elektron Basa : Senyawa yang mampu memberi elektron II. Asam Kuat dan Asam Lemah Asam kuat adalah zat yang bereaksi dengan sempurna, sedangkan Asam lemah adalah zat yang tidak berekasi dengan sempurna. berikut daftar Asam kuat dan Asam Lemah : III. Basa Kuat dan Basa Lemah Basa Kuat adalah zat yang bereaksi dengan sempurna, sedangkan Basa lemah adalah zat yg bereaksi sebagian berikut Daftar basa kuat-basa lemah : Demikian posting kali ini, semoga bermanfaat... wassalammm...

MISTERI SEGITIGA BERMUDA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Segitiga bermuda yang juga biasa disebut segitiga setan terletak di wilayah lautan samudera atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4juta km2 yang membentuk garis segita antara wilayah2 teritorial britania raya sbg titik di sebelah utara, puerto rico teritorial amerika serikat titik di sebelah selatan dan miami negara bagian florida amerika serikat sbg titik disebelah barat. Pasti pernah dgr kan peristiwa2 aneh di sana yang sering terjadi kapal2 hilang baik laut maupun udara secara misterius.Ada yang bilang segitiga bermuda itu adalah tempat mangkalnya alien dan ufo.Ada yg bilang itu adalah pusat magnet terbesar didunia.Ada juga yang bilang itu pusat bumi dan terdapat black hole yang mampu menyedot apapun yg melintas. Lalu apa pendapat islam tentang segita bermuda? Ada hadist yg diriwayatkan Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW telah bersabda “Apabila salah seorang berada ditempat yg terbuka atau ditengah matahari sedang bersinar, lalu bayangan yg

Update SSH 18 November dan Inject XL

Selamat sore sobat bloger, para pencinta gratisaan, haa. bagaimana kabarnya ? baik kan ? Aamiin... Kembali lagi di blog JECKSIFRASHTICKA, kali ini admin akan update Akun ssh open dan dropbear 18 November 2013. Okhe lansung saja, bagi yang mau silahkan download dibawah, akunnya sudah saya bungkus dalam bentuk zip setiap zip berisi 9 akun ssh,, Akun SSH 1 Akun SSH 2 Dan untuk injectnya silahkan download dibawah :   Download     Download   GUNAKAN DENGAN BIJAK !!! NO DOS NO DDOS NO TORRENT Bagi yang belum tau cara menggunakan bitvise dan proxyfier klik Disini . Okhe, Itu saja dari admin, semoga bermanfaat,